Cegah Covid-19 : CUCI TANGAN - HINDARI SENTUH WAJAH - PAKAI MASKER - HINDARI INTERAKSI LANGSUNG - JAGA JARAK SOSIAL - CUCI BAHAN MAKANAN - BERSIHKAN PERABOT RUMAH - TINGKATKAN IMUN TUBUH  

Membangun Desa di Era Digital 4.0 dengan OpenSID

Mohamad Abdul Haris | 08 Januari 2020 23:20:05 | Berita Desa | 393 Kali

Membangun Desa di Era Digitial 4.0  dengan OpenSID

Oleh:
Mohamad Abdul Haris *)

Membangun desa itu tidak mudah. Perlu kesabaran, ketekunan, kecerdasan, mental baja dan memiliki jiwa inovasi yang kuat. Karena disaat eforia membangun infrastruktur desa, desa pun tetap dituntut untuk melayani masyarakat dengan baik dan prima.

Sebagai starata pemerintahan paling bawah yang bersentuhan langsung dengan 1001 problematika masyarakat desa yang homogen dari sisi sumberdaya manusia, baik stara pendidikan, pekerjaan, status, kesehatan, ekonomi dan sebagainya. Selain itu, Ibarat DNA, setiap desa memiliki potensi yang berbeda, tidak mungkin sama dan jangan disamakan. Yang menyamakannya hanya keinginan untuk maju. Setiap kepala desa pasti menginginkan desanya berubah lebih baik.

Setiap kepala desa dituntut mengurai benang kusut yang menghambat pembangunan desa, mulai dari penyelenggaraan pemerintahan, pembinaan kemasyarakatan, pelayanan masyarakat, pembinaan kemasyarakatan dan pembangunan infrastruktur. Bahkan sekarang ditambah dengan penanggulangan bencana.

Salah satu Solusi untuk meringankan beban kerja aparatur desa yang kian berat adalah menggunakan Open Sistem Informasi Desa atau dikenal dengan OpenSID. Aplikasi yang terbuka untuk dikembangkan bersama ini bisa mempercepat perkembangan desa yang efektif, efisien, akuntabel, transfaran bebas korupsi kolusi dan Nepotisme (KKN)

OpenSID saat ini menjadi aplikasi yang paling lengkap guna kelancaran siatem pemerintahan desa dibanding aplikasi lain yang bertebaran. pengopersiannya yang praktis memungkinkan digunakan oleh aparatur desa meskipun bukan berlatar belakang sarjana IT atau mahir komputer.
Selain itu OpenSID juga terus dikembangkan dan diperbaharui melalui sumbangsih pemikiran dari para pakar information technologie (IT) bersama aparatur desa dari berbagai pelosok desa di Indonesia secara terus menerus dengan media gethub.com yaitu sebuah situs layanan penyedia repository secara gratis. Update sebulan sekali yang sangat jarang dilakukan aplikasi berbayar.

Selain itu pengguna OpenSID juga bisa berkomunikasi langsung terkait permasalahan OpenSID maupun masukan untuk pengembangan OpenSID seuiring perubahan kebijakan pemerintah berkaitan dengan pemerintahan desa.

OpenSID juga menjadi aplikasi yang efektif karena pengoperasiannya terkoneksi dengan pelayanan. Terutama dalam pendataan penduduk dan pemanfatan data kependudukan untuk berbagai kebutuhan administrasi masyarakat. OpenSID juga efisien digunakan karena bisa digunakan offline maupun online. Bahkan jika online lebih efisien karena bisa digunakan dimana saja dan kapan saja dengan menu Website desa dengan cukup biaya hosting dan domain.

Pada intinya OpenSID bisa digunakan dalam berbagai kebutuhan desa yang lebih lengkap disaat minimnya sumberdaya aparatur di desa.Aplikasi yang mampu beradaptasi dengan perkembangan sistem pemerintahan desa sehingga mempercepat perkembangan desa ditengah minimnya SDM dan meningkatnya beban kerja aparatur desa.***

*) kepala Desa Karangkamulyan Kecamatan Cijeungjing Kabupaten Ciamis

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Sinergi Program

Kemendes Provinsi Jawa Barat Situs Kabupaten Ciamis
Situs DInas Kesehatan Desa Pangan Aman Penyluh Pertanian

Aparatur Desa

Back Next

Wilayah Desa

Agenda

Komentar Terbaru

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa


Alamat : Jl. Raya Ciamis-Banjar No. 804 Karangkamulyan Cijeungjing
Desa : Karangkamulyan
Kecamatan : Cijeungjing
Kabupaten : Ciamis
Kodepos : 46271
Telepon : 02657549615
Email : desakarangkamulyan797@gmail.com

Peta Desa